RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pembelajaran
: SMA
Mata Pelajaran
: KIMIA
Kelas/ Semester
: XI/2
Pertemuan ke : 1 (satu)
Sub Pokok Bahasan : Larutan Asam Dan Basa
Alokasi Waktu
: 2 x 45
menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya
II.
KOMPETENSI
DASAR
Mendeskripsikan
teori-teori asam-basa degan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
III.
INDIKATOR
A.
Kognitif
1. Produk:
a)
Mengidentifikasi sifat larutan asam, melalui percobaan dengan
menggunakan indikator kertas lakmus
b)
Mengidentifikasi sifat larutan basa melalui percobaan dengan menggunakan
indikator kertas lakmus
c)
Mengidentifikasi sifat larutan netral melalui percobaan
dengan menggunakan indikator kertas lakmus
d)
Menentukan
pH suatu larutan asam dan basa berdasarkan hasil pengamatan perubahan warna
indikator
2. Proses:
a)
Melaksanakan
eksperimen untuk menyelidiki sifat larutan
asam dan basa menggunakan alat dan bahan
sesungguhnya serta bahan-bahan yang terdapat
dialam, yang meliputi;
1)
Merumuskan hipotesis
2)
Mengidentifikasi
variabel.
3)
Mengidentifikasi
variabel respon
4)
Mengidentifikasi
variabel control
5)
Melaksanakan eksperimen
6)
Mengisi tabel pengamatan
7)
Melakukan analisis data
8)
Merumuskan kesimpulan
B. Psikomotor
1. Menyiapkan alat percobaan
2. Menyiapkan bahan untuk diuji
3. Menguji sifat (asam/basa/netral) larutan garam menggunakan indikator kertas
lakmus
C. Afektif
1.
Karakter
a)
Jujur,
b)
Tanggung jawab,
c)
Tekun,
d)
Teliti.
e)
Cermat
2.
Keterampilan
sosial:
a)
Bertanya,
b)
Menyumbang ide
atau berpendapat,
c)
Menjawab
pertanyaan,
d)
Bekerja sama.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
A. Kognitif
1.
Produk:
a)
Dengan
sperangkat alat dan bahan percobaan, siswa dapat melakukan eksperimen untuk
menentukan sifat asam-basa dengan mengunakan indikator asam-basa dan indikator
alami.
b)
Secara mandiri
siswa dapat memperkirakan
pH suatu larutan asam dan basa berdasarkan hasil pengamatan perubahan warna
indicator.
2.
Proses
a)
Diberikan alat
dan bahan dan LKS, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk mengidentifikasi
sifat-sifat larutan asam basa.
B. Psikomotor
1)
Disediakan
alat, bahan, dan LKS, siswa dapat mengambil larutan yang berbeda-beda dengan
cara menggunakan pipet tetes .
2)
Disediakan
larutan yang berbeda keasamannya dan berbagai jenis indikator yang terdapat
dialam, siswa dapat membuat dan menentukan sifat asam ataupun basa dari
berbagai larutan
C.
Afektif
1)
Karakter:
Terlibat dalam proses belajar
mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat
kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung
jawab,tekun, cermat dan teliti.
2)
Keterampilan
sosial:
Terlibat dalam proses belajar
mengajar yang berpusat pada siswa, dalam menunjukkan perlaku keterampilan
sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjawab pertanyaan,
bekerja sama.
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
IDENTIFIKASI LARUTAN ASAM-BASA MENGGUNAKAN
KERTAS LAKMUS
Kertas lakmus akan
mengalami perubahan warna jika dimasukkan (dicelupkan) pada larutan yang
memiliki pH antara 5.0 - 9.0, yang mana pada pH di bawah 7.0 (larutan asam)
kertas lakmus akan berwarna merah sedangkan pada pH diatas 7.0
(larutan basa) kertas lakmus akan berwarna biru.
Larutan asam dapat memerahkan
kertas lakmus artinya jika kertas lakmus biru dicelupkan pada
larutan yang bersifat asam maka warna kertas lakmus tersebut akan berubah
menjadi merah, sedangkan jika kertas lakmus merah yang
dicelupkan warna kertas lakmus akan tetap merah.
Perhatikan gambar
dibawah ini !
Larutan
basa dapat membirukan kertas lakmus, artinya jika kertas lakmus merah
dicelupkan pada larutan yang bersifat basa, maka warna kertas lakmus
tersebut akan berubah menjadi biru. Sedangkan jika kertas lakmus biru
yang dicelupkan, warna kertas lakmus akan tetap biru.
Perhatikan
gambar dibawah ini !
VI.
Langkah –langkah Pembelajaran
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|||
1. |
Kegiatan Awal
a. Pendahuluan
b. Apersepsi dan motivasi
|
- Guru
mengucapkan salam pembuka
-
Guru meminta salah satu siswa
untuk memimpin do’a sebelum memulai
pelajaran
-
Guru mencek kehadiran siswa
· Guru
memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa mengenai asam atau
basa dengan keadaan yang ada disekitar
· Pra
eksperimen, guru memberikan penjelasan cara menguji larutan asam dan basa
·
Guru menginformasikan
kepada siswa tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan percobaan larutan asam
dan basa
|
-
Siswa menjawab salam
-
Siswa berdo’a
-
Siswa mendengarkan dan menjawab
·
Siswa menjawab dan menyebutkan
contoh larutan asam dan basa
·
Siswa mendengarkan dan
memperhatikan
·
Siswa mendengarkan
|
menit
|
2. |
Kegiatan Inti
a. Tahap penyajian materi
b. Tahap kegiatan kelompok
c. Tahap pelaksanaan tes
pemahaman
|
§ Guru
membagikan hand out
§ Guru
menyajikan informasi tentang larutan
asam-basa menurut para ahli
v Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok.
v Guru
memberikan reading guide (LKPD) kepada siswa sebagai panduan pengamatan pada
saat melakukan percobaan
v Guru
memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan percobaan
v Guru
membimbing siswa dalam melakukan percobaan
v Guru
menanyakan kepada siswa dari hasil percobaan
v Guru
meminta siswa untuk menginterpretsi dan menyimpulkan hasil percobaan
v Guru
mengajak siswa melakukan diskusi untuk menyamakan persepsi tentang larutan
asam dan basa
J Guru
memberikan soal penugasan kepada siswa untuk dikerjakan dan menunjuk siswa
untuk mengerjakannya
J Guru memberikan penghargaan kepada siswa
yang mendapat nilai skor tertinggi
|
§ Siswa
menerima hand out
§ Siswa
memperhatikan dan mendengarkan
v Siswa
membentuk kelompok yang
terdiri dari 4-7 orang.
v Siswa
menerima reading guide (LKPD) yang diberikan guru
v Siswa
mempersiapkan diri untuk menyiapakan alat dan bahan yang telah disediakan.
v Kemudian
melakukan percobaan sambil mengisi LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).
v Wakil
kelompok siswa melakukan presentasi
v Siswa
melakukan interpretasi data dan menyimpulkan hasil percobaan
v Siswa
melakukan diskusi
J Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
J Siswa
merespon guru
|
menit
|
3. |
Kegiatan Akhir Penutup |
-
Guru membimbing siswa menyimpulkan berdasarkan
tujuan pembelajaran
-
Guru menutup pelajaran dan mengucapkan
salam
|
-
Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Merespon dan menjawab salam
|
menit |
VII.
MODEL/STRATEGI/METODE/PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
Model
: Konstruktivisme
Strategi : Contextual Learning
Pendekatan
: Pendekatan konsep
Metode
: Ceramah, diskusi, praktikum,
presentasi dan pemberian tugas
VIII.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Sumber
Pembelajaran
Buku-buku IPA Kimia SMA
Purba.Michael.2006.Kimia
untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Unggul S.2006.Kimia untuk SMA Kelas XI.
Jakarta : Erlangga.
Saptarini.Dyah,dkk.2006.Kimia untuk SMA Kelas XI.
Jakarta :Ganeca.
2.
Media
Pembelajaran
§ LKPD
(Lembar Kerja Peserta Didik), alat dan bahan untuk percobaan
IX.
PENILAIAN
A. Kognitif, diharapkan siswa:
1. Dapat
mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan menggunakan kertas lakmus
B.
Afektif,
diharapkan siswa:
1.
Mendengarkan
penjelasan guru dengan aktif.
2.
Mengajukan
pertanyaan apabila ada materi yang belum dipahami kepada guru.
3.
Dapat
menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
C.
Psikomotor,
diharapkan siswa:
Mengenali
yang mana larutan asam dan larutan basa.
RINGKASAN MATERI
(HAND
OUT)
A.
IDENTIFIKASI LARUTAN ASAM-BASA MENGGUNAKAN
KERTAS LAKMUS
Kertas lakmus akan
mengalami perubahan warna jika dimasukkan (dicelupkan) pada larutan yang
memiliki pH antara 5.0 - 9.0, yang mana pada pH di bawah 7.0 (larutan asam)
kertas lakmus akan berwarna merah sedangkan pada pH diatas 7.0
(larutan basa) kertas lakmus akan berwarna biru.
Larutan asam dapat memerahkan
kertas lakmus artinya jika kertas lakmus biru dicelupkan pada
larutan yang bersifat asam maka warna kertas lakmus tersebut akan berubah
menjadi merah, sedangkan jika kertas lakmus merah yang
dicelupkan warna kertas lakmus akan tetap merah.
Perhatikan gambar
dibawah ini !
Larutan
basa dapat membirukan kertas lakmus, artinya jika kertas lakmus merah
dicelupkan pada larutan yang bersifat basa, maka warna kertas lakmus
tersebut akan berubah menjadi biru. Sedangkan jika kertas lakmus biru
yang dicelupkan, warna kertas lakmus akan tetap biru.
Perhatikan
gambar dibawah ini !
Lembar Kegiatan
Peserta Didik
(LKPD)
Nama
Anggota Kelompok :
1.
2.
3.
4.
Tanggal :
Topik : Larutan asam dan basa
Tujuan : Menentukan
larutan asam, larutan basa dan larutan netral dengan indikator kertas lakmus
Alat
dan bahan :
1.
Gelas kimia 6 buah
2.
Kertas lakmus merah dan biru
3.
Larutan cuka
4.
Larutan sabun
5.
Aquades
6.
Larutan jeruk
7.
Larutan aki
8.
Minuman
jeruk
9.
Air
marimas
10.
Air
gambut
Cara
kerja :
1.
Menyiapkan 10 buah gelas kimia dengan ukuran sedang
2. Masukkanlah
5 jenis larutan yang telah disediakan kedalam masing-masing tabung
3.
Mengambil kertas lakmus merah dan biru
masing-masing satu
4. Mencelupkan
kertas lakmus kedalam larutan cuka dengan perlahan secara bergantian.
Perhatikan warna apa yang terjadi pada kedua kertas lakmus setelah dicelupkan
kedalam larutan cuka
5. Dengan
cara yang sama lakukan dengan mencelupkan kertas lakmus merah dan biru kedalam
larutan sabun, aquades, larutan jeruk, dan larutan aki.
6.
Catatlah hasil pengamatan pada tabel!
Tentukanlah sifat
larutan, apakah asam, basa, atau netral. Tentukan pula pH-nya apakah > 7, < 7, atau = 7. Kemudian berikan kesimpulan!
No.
|
Bahan/larutan
|
Kertas Lakmus
|
Sifat Larutan
|
pH
|
|||
Merah
|
Biru
|
>7
|
<7
|
=7
|
|||
1
|
Larutan cuka
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
2
|
Larutan sabun
|
…
|
…
|
...
|
…
|
…
|
…
|
3
|
Larutas sampo
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
4
|
Larutan jeruk
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
5
|
Larutan aki
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
6
|
Larutan air marimas
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
7
|
Larutan air gambut
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
8
|
Larutan garam dapur
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Kesimpulan :.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Pertanyaan :
1. Larutan apa yang dapat memberikan warna biru pada lakmus
merah !
2. Larutan apa yang dapat memberikan warna merah pada lakmus
biru !
3. Larutan apa saja yang terdapat dalam tabel yang bersifat
asam !
4. Larutan apa saja yang terdapat dalam tabel yang bersifat
basa !
5. Apa kesimpulan dari percobaan tersebut ?
SOAL EVALUASI
Nama :
Kelas :
Berilah
tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang benar!
1.
Salah
satu zat bersifat basa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
adalah….
a.
Air
aki
b.
vitamin
C
c.
Sabun
d.
Air
cuka
2.
Dari
pengujian larutan dengan lakmus diperoleh….
No
|
Larutan yang
Diuji
|
Warna Kertas
lakmus
|
|
Merah
|
Biru
|
||
1
|
X
|
Merah
|
Biru
|
2
|
Y
|
Merah
|
Merah
|
3
|
Z
|
Biru
|
Biru
|
4
|
U
|
Merah
|
Biru
|
5
|
V
|
Biru
|
Biru
|
Larutan-larutan
yang mengandung ion OH- adalah….
a.
Y
dan U d. X dan Z
b.
Z
dan V e. X dan Y
c.
U
dan X
Tidak ada komentar:
Posting Komentar