Total Tayangan Halaman

Jumat, 28 September 2012

Larutan Asam Basa



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pembelajaran          : SMA
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/ Semester                    : XI/2
Pertemuan ke                       : 1 (satu)
Sub Pokok Bahasan            : Larutan Asam Dan Basa
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya

II.            KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam-basa degan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan

III.         INDIKATOR

A.    Kognitif
1.    Produk:
a)      Mengidentifikasi sifat larutan asam, melalui percobaan dengan menggunakan indikator  kertas lakmus
b)      Mengidentifikasi sifat larutan basa melalui percobaan dengan menggunakan indikator  kertas lakmus
c)      Mengidentifikasi sifat larutan netral melalui percobaan dengan menggunakan indikator  kertas lakmus
d)     Menentukan pH suatu larutan asam dan basa berdasarkan hasil pengamatan perubahan warna indikator



2.     Proses:
a)      Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki sifat larutan asam dan basa menggunakan alat dan bahan sesungguhnya serta bahan-bahan yang terdapat dialam, yang meliputi;
1)      Merumuskan hipotesis
2)      Mengidentifikasi variabel.
3)      Mengidentifikasi variabel respon
4)       Mengidentifikasi  variabel control
5)        Melaksanakan eksperimen
6)        Mengisi tabel pengamatan
7)       Melakukan analisis data
8)       Merumuskan kesimpulan
B.   Psikomotor
1.    Menyiapkan alat percobaan
2.    Menyiapkan bahan untuk diuji
3.    Menguji sifat (asam/basa/netral) larutan garam menggunakan indikator kertas lakmus

C.  Afektif
1.      Karakter
a)      Jujur,
b)      Tanggung jawab,
c)       Tekun,
d)      Teliti.
e)      Cermat
2.      Keterampilan sosial:
a)      Bertanya,
b)      Menyumbang ide atau berpendapat,
c)      Menjawab pertanyaan,
d)     Bekerja sama.

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
A.    Kognitif
1.      Produk:
a)      Dengan sperangkat alat dan bahan percobaan, siswa dapat melakukan eksperimen untuk menentukan sifat asam-basa dengan mengunakan indikator asam-basa dan indikator alami.
b)      Secara mandiri siswa dapat memperkirakan pH suatu larutan asam dan basa berdasarkan hasil pengamatan perubahan warna indicator.
2.      Proses  
a)       Diberikan alat dan bahan dan LKS, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan asam basa.
B.   Psikomotor
1)      Disediakan alat, bahan, dan LKS, siswa dapat mengambil larutan yang berbeda-beda dengan cara menggunakan pipet tetes .
2)    Disediakan larutan yang berbeda keasamannya dan berbagai jenis indikator yang terdapat dialam, siswa dapat membuat dan menentukan sifat asam ataupun basa dari berbagai larutan
C.   Afektif
1)      Karakter:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,tekun, cermat dan teliti.
2)      Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjawab pertanyaan, bekerja sama.

V.           MATERI PEMBELAJARAN
A.        IDENTIFIKASI LARUTAN ASAM-BASA MENGGUNAKAN KERTAS LAKMUS
Kertas lakmus akan mengalami perubahan warna jika dimasukkan (dicelupkan) pada larutan yang memiliki pH antara 5.0 - 9.0, yang mana pada pH di bawah 7.0 (larutan asam) kertas lakmus akan berwarna merah sedangkan pada pH diatas 7.0 (larutan basa) kertas lakmus akan berwarna biru.
Larutan asam dapat memerahkan kertas lakmus artinya jika kertas lakmus biru dicelupkan pada larutan yang bersifat asam maka warna kertas lakmus tersebut akan berubah menjadi merah, sedangkan jika kertas lakmus merah yang dicelupkan warna kertas lakmus akan tetap merah.
Perhatikan gambar dibawah ini !
Larutan basa dapat membirukan kertas lakmus, artinya jika kertas lakmus merah dicelupkan pada larutan yang bersifat basa, maka warna kertas lakmus tersebut akan berubah menjadi biru. Sedangkan jika kertas lakmus biru yang dicelupkan, warna kertas lakmus akan tetap biru.
Perhatikan gambar dibawah ini !





VI.         Langkah –langkah Pembelajaran
No
Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Peserta Didik
1.
Kegiatan Awal
a.    Pendahuluan





b.    Apersepsi dan motivasi

-       Guru mengucapkan salam pembuka
-          Guru meminta salah satu siswa untuk  memimpin do’a sebelum memulai pelajaran
-          Guru mencek kehadiran siswa


·       Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa mengenai asam atau basa dengan keadaan yang ada disekitar
·       Pra eksperimen, guru memberikan penjelasan cara menguji larutan asam dan basa
·       Guru menginformasikan kepada siswa tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan percobaan larutan asam dan basa

-          Siswa menjawab salam
-          Siswa berdo’a



-          Siswa mendengarkan dan menjawab


·        Siswa menjawab dan menyebutkan contoh larutan asam dan basa



·        Siswa mendengarkan dan memperhatikan


·        Siswa mendengarkan








 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Tahap penyajian materi



b.    Tahap kegiatan kelompok






















c.    Tahap pelaksanaan tes pemahaman

§   Guru membagikan hand out
§   Guru menyajikan informasi tentang  larutan asam-basa menurut para ahli


v  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.


v  Guru memberikan reading guide (LKPD) kepada siswa sebagai panduan pengamatan pada saat melakukan percobaan
v  Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan percobaan


v  Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan


v  Guru menanyakan kepada siswa dari hasil percobaan
v  Guru meminta siswa untuk menginterpretsi dan menyimpulkan hasil percobaan
v  Guru mengajak siswa melakukan diskusi untuk menyamakan persepsi tentang larutan asam dan  basa


J Guru memberikan soal penugasan kepada siswa untuk dikerjakan dan menunjuk siswa untuk mengerjakannya



J   Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai skor tertinggi


§  Siswa menerima hand out
§  Siswa memperhatikan dan mendengarkan



v Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 4-7 orang.

v Siswa menerima reading guide (LKPD) yang diberikan guru




v Siswa mempersiapkan diri untuk menyiapakan alat dan bahan yang telah disediakan.

v Kemudian melakukan percobaan sambil mengisi LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).
v Wakil kelompok siswa melakukan presentasi
v Siswa melakukan interpretasi data dan menyimpulkan hasil percobaan

v Siswa melakukan diskusi








J  Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru






J  Siswa merespon guru










 menit
3.
Kegiatan Akhir
Penutup

-       Guru membimbing siswa menyimpulkan berdasarkan tujuan pembelajaran

-       Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam

-          Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

-         Merespon dan menjawab salam


 menit

VII.          MODEL/STRATEGI/METODE/PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Model              : Konstruktivisme
Strategi            : Contextual Learning
Pendekatan      : Pendekatan konsep
Metode            : Ceramah, diskusi, praktikum, presentasi dan pemberian tugas
VIII.       SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Sumber Pembelajaran
Buku-buku IPA Kimia SMA
Purba.Michael.2006.Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Unggul S.2006.Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga.
Saptarini.Dyah,dkk.2006.Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta :Ganeca.
2.      Media Pembelajaran
§  LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), alat dan bahan untuk percobaan
IX.             PENILAIAN
A.       Kognitif, diharapkan siswa:
1.    Dapat mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan menggunakan kertas lakmus
B.        Afektif, diharapkan siswa:
1.    Mendengarkan penjelasan guru dengan aktif.
2.    Mengajukan pertanyaan apabila ada materi yang belum dipahami kepada guru.
3.    Dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
C.        Psikomotor, diharapkan siswa:
Mengenali yang mana larutan asam dan larutan basa.










RINGKASAN MATERI
(HAND OUT)
A.    IDENTIFIKASI LARUTAN ASAM-BASA MENGGUNAKAN KERTAS LAKMUS
Kertas lakmus akan mengalami perubahan warna jika dimasukkan (dicelupkan) pada larutan yang memiliki pH antara 5.0 - 9.0, yang mana pada pH di bawah 7.0 (larutan asam) kertas lakmus akan berwarna merah sedangkan pada pH diatas 7.0 (larutan basa) kertas lakmus akan berwarna biru.
Larutan asam dapat memerahkan kertas lakmus artinya jika kertas lakmus biru dicelupkan pada larutan yang bersifat asam maka warna kertas lakmus tersebut akan berubah menjadi merah, sedangkan jika kertas lakmus merah yang dicelupkan warna kertas lakmus akan tetap merah.
Perhatikan gambar dibawah ini !
Larutan basa dapat membirukan kertas lakmus, artinya jika kertas lakmus merah dicelupkan pada larutan yang bersifat basa, maka warna kertas lakmus tersebut akan berubah menjadi biru. Sedangkan jika kertas lakmus biru yang dicelupkan, warna kertas lakmus akan tetap biru.
Perhatikan gambar dibawah ini !






Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD)

Nama Anggota Kelompok :
1.
2.
3.
4.

Tanggal           :
Topik               : Larutan asam dan basa
Tujuan             : Menentukan larutan asam, larutan basa dan larutan netral dengan indikator kertas lakmus

Alat dan bahan :
1.      Gelas kimia 6 buah
2.      Kertas lakmus merah dan biru
3.      Larutan cuka
4.      Larutan sabun
5.      Aquades
6.      Larutan jeruk
7.      Larutan aki
8.      Minuman jeruk
9.      Air marimas
10.  Air gambut
Cara kerja :
1.      Menyiapkan 10  buah gelas kimia dengan ukuran sedang
2.      Masukkanlah 5 jenis larutan yang telah disediakan kedalam masing-masing tabung
3.      Mengambil kertas lakmus merah dan biru masing-masing satu
4.      Mencelupkan kertas lakmus kedalam larutan cuka dengan perlahan secara bergantian. Perhatikan warna apa yang terjadi pada kedua kertas lakmus setelah dicelupkan kedalam larutan cuka
5.      Dengan cara yang sama lakukan dengan mencelupkan kertas lakmus merah dan biru kedalam larutan sabun, aquades, larutan jeruk, dan larutan aki.
6.      Catatlah hasil pengamatan pada tabel!
Tentukanlah sifat larutan, apakah asam, basa, atau netral. Tentukan pula pH-nya  apakah > 7, < 7, atau    = 7. Kemudian berikan kesimpulan!
No.
Bahan/larutan
Kertas Lakmus
Sifat Larutan
pH
Merah
Biru
>7
<7
=7
1
Larutan cuka
2
Larutan sabun
...
3
Larutas sampo
4
Larutan jeruk
5
Larutan aki
6
Larutan air marimas
...
...
...
...
...
...
7
Larutan air gambut
...
...
...
...
...
...
8
Larutan garam dapur
...
...
...
...
...
...
Kesimpulan :.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Pertanyaan :
1.      Larutan apa yang dapat memberikan warna biru pada lakmus merah !
2.      Larutan apa yang dapat memberikan warna merah pada lakmus biru !
3.      Larutan apa saja yang terdapat dalam tabel yang bersifat asam !
4.      Larutan apa saja yang terdapat dalam tabel yang bersifat basa !
5.      Apa kesimpulan dari percobaan tersebut ?

SOAL EVALUASI
Nama               :
Kelas               :
Berilah tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang benar!
1.      Salah satu zat bersifat basa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah….
a.       Air aki                                 
b.      vitamin C
c.       Sabun                                  
d.      Air cuka
2.      Dari pengujian larutan dengan lakmus diperoleh….
No
Larutan yang Diuji
Warna Kertas lakmus
Merah
Biru
1
X
Merah
Biru
2
Y
Merah
Merah
3
Z
Biru
Biru
4
U
Merah
Biru
5
V
Biru
Biru
Larutan-larutan yang mengandung ion OH- adalah….
a.       Y dan U                             d.    X dan Z
b.      Z dan V                             e.    X dan Y
c.       U dan X

Tidak ada komentar: